Selasa, April 16, 2024
UNISM

Promkes UNISM Berpartisipasi Dalam Kegiatan Pelantikan Pengda IAKMI Kalimantan Selatan 2019-2022 dan Kuliah Tamu

Kamis (26/09/2019), telah dilaksanakan Kuliah Tamu dan Pelantikan Pengurus Daerah IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di Aula Gedung Teater Fakultas   Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Sebagai Program Studi baru dan satu-satunya di Provinsi Kalimantan Selatan, Jurusan Promosi Kesehatan Universitas Sari Mulia juga ikut terlibat dalam kegiatan ini dan duduk serta sebagai pengurus Daerah IAKMI Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2019 – 2022 (Nurul Hidayah, SKM., M.Kes di Bidang Promosi Kesehatan dan Hubungan Masyarakat dan Husda Oktaviannoor, M.Epid di Bidang Keorganisasian, Pendanaan, dan Pembinaan Anggota). Hal ini tidak lain untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan para penggerak, praktisi, dan akademisi Kesehatan Masyarakat di Indonesia dan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan khususnya, berkolaborasi untuk dapat membangun dan meningkatkan derajat Kesehatan Masyarakat yang optimal. Kepengurusan ini diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Pengurus Pusat IAKMI No: 029/SK/IAKMIPUSAT/IX/2019 yang ditetapkan pada tanggal 23 September 2019 di Jakarta.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IAKMI oleh seluruh peserta. Pelantikan pengurus daerah IAKMI Provinsi Kalimantan Selatan dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Ridwan, M. Thaha, M.Sc selaku Ketua Umum PP IAKMI. Acara pelantikan berlangsung dengan khidmat, seluruh pengurus daerah IAKMI Provinsi Kalimantan Selatan diketuai oleh Didy Ariady, SKM., M. Kes mengucapkan janji setianya. Setelah pelantikan selesai, sambutan pertama diberikan oleh Dr. Ridwan, M. Thaha, M.Sc, beliau menceritakan tentang telah berdirinya gedung PP IAKMI yang baru dan mandiri, dengan berdirinya gedung baru diharapkan komunikasi antara pengurus pusat dengan pengurus daerah serta pengurus cabang semakin kuat. Selain itu, beliau juga menyampaikan rencana penyelenggaraan kegiatan tahunan the 4th International Symposium on Health Research and 14th National Congress of Indonesian Public Health Association bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur, Bali tanggal 27 – 30 November 2019, yang bertemakan “Scientific Evidence and Politics in Health Development”.

Sambutan kedua diberikan oleh Ketua Pengurus Daerah IAKMI Kalimantan Selatan Didy Ariady, SKM., M. Kes, yang menyambut baik sinergitas antara Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dengan IAKMI untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama indeks pembangunan kesehatan masyarakat. Sambutan terakhir oleh perwakilan Dinas Provinsi Kalimantan Selatan Masnayanti, S. Kep., MM selaku kepala seksi SDM Kesehatan menyatakan bahwa kolaborasi antara IAKMI dan Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan sangat membantu pencapaian kesehatan masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan dan berharap agar kedepan kolaborasi ini akan terus tetap terjalin.

Pada kuliah tamu ini, Dr. Ridwan, M. Thaha, M.Sc menyampaikan gambaran mengenai Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarat (IPKM) di Indonesia, khususnya 20 daerah dengan IPKM tertinggi dan 20 daerah dengan IPKM terendah. Walaupun Kalimantan Selatan belum masuk dalam 20 daerah dengan IPKM tertinggi, namun bersyukur tidak masuk dalam 20 daerah dengan IPKM terendah. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa tenaga kesehatan masyarakat harus terus berupaya dengan semaksimal mungkin dalam melakukan pencegahan penyakit khususnya penyakit tidak menular melalui pendidikan kesehatan karena angka prevalensi faktor risiko penyakit tidak menular seperti obesitas dan perilaku merokok setiap tahun terus meningkat. Untuk itu, pemberian pengetahuan mengenai pengendalian konsumsi gula garam berlebih serta perilaku merokok terus dilakukan, agar masyarakat paham bahaya yang ditimbulkan oleh perilaku yang tidak sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Instagram
Telegram
WhatsApp
Tiktok