Sabtu, April 20, 2024
UNISM

Dosen Promosi Kesehatan UNISM Sebagai Peserta Terbaik Presentasi Oral dan Poster Pada Kegiatan Seminar Nasional Prodi Kesehatan Masyarakat FK ULM

Dosen Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia Banjarmasin menjadi peserta terbaik dalam presentasi oral dan poster pada kegiatan seminar nasional administrasi kebijakan kesehatan (AKK) yang bertemakan “Sustainable Strategic for Disaster Management in Wetland Area” yang diadakan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, tanggal 31 Oktober – 1 November 2019.

Nurul Hidayah, SKM. M. Kes menjadi “Best Oral Presentation”  dengan karya ilmiah yang berjudul “Uji Potensi Ekstrak Bunga Melati (Jasminum Sambac L.ait) Sebagai Larvasida Aedes Aegypti”. Karya ilmiah tersebut membahas tentang uji ekstrak kandungan bunga melati yang mempunyai potensi sebagai salah satu bahan alami dalam membunuh jentik nyamuk Aedes aegypti. Kemudian, Husda Oktaviannoor, SKM., M. Epid menjadi “Best Poster 1” pada kategori peserta umum dengan karya ilmiah yang berjudul “Gambaran Kasus Difteri di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2015-17 Desember 2017”. Karya ilmiah tersebut membahas tentang deskripsi kasus suspek difteri dilihat berdasarkan tren kasus, jumlah kasus  per wilayah kota administrasi, umur, jenis kelamin, persebaran kasus difteri yang dapat terlihat pada peta wilayah Provinsi DKI Jakarta, serta status imunisasi kasus suspek tahun 2015-17 Desember 2017. Kajian penelitian tersebut dilakukan guna memberi masukan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi dan mencegah terjadinya peningkatan kasus.

Kegiatan seminar AKK tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lambung Mangkurat Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP. Beliau berpesan dengan diadakannya kegiatan tersebut peserta bisa memahami dan mampu berkontribusi dalam menanggulangi dan mencegah bencana alam di lahan basah khususnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama semua sektor. Peserta perwakilan dari UNISM adalah dosen Promosi Kesehatan serta Alumni Kesehatan Masyarakat FK ULM (Sarjana dan Magister). Kegiatan hari pertama berisi agenda penyampaian materi dari para pakar yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama disampaikan oleh Guru besar Program Studi Kesehatan Masyarakat ULM Prof. Dr. Husaini, SKM., M. Kes, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya Dr. dr. Syamsul Arifin, M. Pd., DLP, dan Tim Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FKKK UGM dr. Bella Dona, M. Kes. Saat Ishoma, para presentator poster mempresentasikan poster karya ilmiahnya dihadapan tim penilai. Setelah itu masuk sesi kedua yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan Sahruddin, SE, Guru Besar Departemen Epidemiologi FKM Unhas Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes, serta dari Institut Teknologi Bandung Ir. Raden Driejana MSCE, Ph.D.

Agenda hari kedua adalah sesi Call for Paper, yang mana para peserta presentator oral mempresentasikan karya ilmiahnya dihadapan para juri penilai presentator. Agenda selanjutnya yaitu pengumuman penilaian peserta presentator oral dan poster oleh para juri. Peserta presentator oral terbaik jatuh kepada Nurul Hidayah, SKM. M. Kes dan presentator poster terbaik pertama kategori umum jatuh kepada Husda Oktaviannoor, SKM., M. Epid. Agenda terakhir yaitu sesi foto bersama pemenang presentator oral dan poster yang diwakili oleh Nurul Hidayah, SKM. M. Kes.

Dokumentasi kegiatan bisa dilihat disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Instagram
Telegram
WhatsApp
Tiktok